Senin, 03 September 2012

Mengoptimalkan penggunaan tombol Shift di Windows

. Selasa, 10 Februari 2009
0 komentar

Dalam Windows banyak yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan bantuan tombol Shift pada keyboard.
Tombol shift digunakan untuk mengetik simbol-simbol yang terdapat di atas tombol angka pada keyboard. Juga untuk melakukan perubahan huruf besar/kecil (toggle) secara sementara.
Namun tahukah ada banyak fungsi lainnya yang bisa dilakukan dengan tombol Shift? Penulis telah mengumpulkan beberapa tips menggunakan tombol Shift.

1. Navigasi ke awal atau akhir halaman

Dengan tombol Home dan End kita bisa berpindah ke awal dan akhir baris. Dengan kombinasi Shift+Home atau Shift+End, halaman akan berpindah ke bagian awal atau akhir.

2. Memilih (select) banyak file/teks

Di Windows Explorer digunakan untuk memilih banyak file, sedangkan di dalam dokumen (program pengolah kata) digunakan untuk memilih banyak teks. Pilih file pertama dengan klik biasa sebagai pilihan dimana awal pilih file, selanjutnya pilih file terakhir dengan Shift+Klik pada file/teks ke-dua untuk menentukan seleksi terakhir. Maka semua file di antara awal dan akhir akan ikut terpilih. Dengan cara yang berbeda kita bisa menggunakan Shift+tombol panah (atas, bawah, kiri, kanan) ke arah pilihan yang diinginkan.

3. Cut dan Paste

Gunakan Shift+Del untuk operasi Cut dan Shift+Ins untuk operasi Paste.

4. Memilih opsi sebelumnya

Saat mengisi form, untuk berpindah ke field/kolom berikutnya kita bisa menggunakan tombol Tab, sedangkan untuk berpindah ke field/kolom sebelumnya kita bisa menggunakan tombol Shift+Tab.
Begitu juga dengan Alt+Tab (Windows XP) / Win+Tab (Windows Vista) (alt masih terus ditekan) tekan Tab lagi untuk memilih aplikasi berikutnya yang sedang terbuka, menggunakan Alt+Shift+Tab/Win+Shift+Tab akan memilih aplikasi yang sedang terbuka dalam pergerakan terbalik.

5. Membuka menu untuk item yang dipilih

Gunakan kombinasi Shift+F10 setelah memilih item tertentu. Maka akan terbuka menu untuk item tersebut. Cara ini berfungsi sama seperti klik-kanan pada item terpilih (mouse). Fungsi Shift+F10 ini telah digantikan dengan tombol menu pada keyboard. Jadi dapat dimanfaatkan dalam kondisi tertentu misalnya saat tidak ada mouse, keyboard 110-Keys gunakan tombol ini sebagai alternatif klik-kanan.

6. Memaksa Explorer menampilkan menu “Pin to Start menu” (Windows XP)

Di dalam Windows Explorer, saat klik-kanan pada suatu file tipe. Akan terdapat beberpa pilihan operasi terhadap file tersebut.
Misalnya jika di klik-kanan pada sebuah file .txt, akan ada menu “Open With” dan sebagainya. Namun ada beberapa menu yang hanya akan ditampilkan jika sambil menekan tombol Shift+klikkanan. Misalnya menu “Pin to Start menu”.

7. Menghindari Autorun (CD/DVD/UFD otomatis dimainkan)

Jika sebuah CD dimasukkan atau flashdisk ditancapkan pada komputer, jika terdapat kode Autorun, maka otomatis Windows akan menjalankan perintah Autorun. Misalnya jika sebuah CD Game dimasukkan, maka Windows otomatis akan membuka instalasi Game. Dengan menahan tombol Shift saat memasukkan CD maka Windows tidak akan menjalankan Autorun.
Hal ini juga berlaku saat startup Windows itu sendiri, sebelum Windows menampilkan desktop kita bisa menekan dan menahan tombol Shift sampai semua proses loading driver selesai. Dengan cara ini aplikasi yang ada pada menu “Startup” tidak akan dijalankan.

8. No to All (Windows XP)

Di dalam Windows Explorer, Saat melakukan operasi Copy / Move banyak file ke suatu folder tertentu, jika nama file yang sedang dicopy/move sama dengan nama file yang ada di folder tujuan. Explorer akan menampilkan peringatan “Confirm file replace”, yang memerlukan konfirmasi dari pengguna. Terdapat pilihan Yes, Yes to All, No, Cancel. Jika file tidak ingin ditimpa, pengguna harus menekan tombol No. Jika ada file yang sama namanya lagi maka peringatan “Confirm file replace” akan muncul lagi, lagi, dan lagi.
Jika terdapat puluhan/ratusan file yang semuanya tidak ingin ditimpa tentu hal ini cukup menambah pekerjaan. Saat inilah trik Shift diperlukan. Tahan tombol Shift sambil klik No. Trik ini membuat agar perintah ini berfungsi seperti “No to All”.

9. Menghapus file tanpa masuk Recycle Bin

File yang kita hapus sebenarnya tidak benar-benar terhapus dari harddisk. File ini akan ditampung terlebih dahulu ke dalam folder Recycle Bin. Gunanya jika terjadi kecelakaan secara tidak sengaja menghapus file, maka file masih dapat dikembalikan (recover).
Jika kita benar-benar ingin filenya langsung dihapus dari harddisk dan kita yakin suatu saat tidak ingin mengembalikan file ini, maka kita bisa menahan tombol Shift sambil menekan tombol delete pada menu atau menekan kombinasi Shift+Delete dari keyboard. Dengan cara ini file tidak akan ditampung ke dalam Recycle Bin, melainkan langsung dihapus seketika dari harddisk.
Hati-hati menggunakan cara ini karena jika terjadi kesalahan maka satu-satunya cara untuk mengembalikan file adalah dengan menggunakan bantuan recovery tool seperti Undelete.

10. Membuka banyak program pada Start menu

Pernahkan anda berniat membuka beberapa program sekaligus. Misalnya Notepad dan Calculator. Dengan cara yang umum kita akan membuka menu start > All Programs > Accessories > Calculator. Lalu membuka start menu > All Programs > Accessories > Notepad.
Ada cara yang lebih cepat, yaitu membuka menu start > All Programs > Accessories, tahan Shift, klik pada Calculator terlebih dahulu lalu klik pada Notepad. Dengan menahan tombol Shift, menu yang terbuka tidak langsung ditutup oleh Windows, jadi kita masih bisa membuka program lainnya.

11. Memaksa memindahkan file dengan SendTo

Dengan perintah SendTo -> tujuan. Maka file yang terpilih akan dicopy ke tujuan, misalnya ke flashdisk, dsb. Dengan menahan tombol Shift saat mengklik tujuan maka file akan dipindah (move).

12. Mengakses Accessibility Options

StickyKeys adalah fitur untuk mempermudah pengguna yang kesulitan untuk menekan lebih dari 1 tombol secara bersamaan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol Shift sebanyak 5 kali.
Filterkeys adalah fitur untuk membantu pengguna yang sering tidak sengaja menekan sebuah tombol yang sama berulang-ulang. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menahan tombol Shift kanan pada keyboard selama 8 detik.
Jika anda memiliki tips lain menggunakan tombol Shift, silakan bergabung untuk menanggapi tulisan ini.
Di kutip dari : www.okecoy.com
Klik disini untuk melanjutkan »»

Apple, Semangat Organisasi yang Kreatif

.
0 komentar
Di luar Linux, ada organisasi bidang teknologi informasi yang juga mengandalkan kreativitas. Berawal dari ide kreatif, lalu berakhir sebagai industri besar sampai hari ini. Semangat organisasi para pengembang serta pecinta produknya sulit ditumbangkan. Bagian terakhir dari dua tulisan.
Apple adalah suatu misteri, dan akan selalu menjadi misteri. Berkebalikan dengan Linux, yang menerapkan sistim sosialisme, Apple menerapkan, bukan kapitalisme, namun apa yang disebut sebagai ‘kultus misteri’. Beberapa saat sebelum Macworld, selalu beredar isu, bahwa apple akan meluncurkan produk ini atau itu. Ada kalanya isu itu terbukti, ada kalanya tidak. Namun, isu-isu tersebut menjadikan Apple menjadi suatu organisasi yang misterius.
Kabar sakitnya Steve Jobs akhir-akhir ini, justru memperkuat aura misteri tersebut, sebab para pengamat hanya bisa menerka-nerka apa sebenarnya penyakit Jobs dan separah apa. Jobs hanya memberikan keterangan seadanya mengenai kondisi kesehatan dia. Namun, justru hal ini yang membuat semakin banyak orang yang penasaran terhadap produk apple, dan tertarik untuk membelinya.
Selama puluhan tahun sampai sekarang, platform macintosh adalah platform dominan dalam creative industry. Seniman, DJ, Adviertiser, Creative content menjadikan macintosh sebagai platform mereka. Aplikasi-aplikasi penting di dunia creative content, seperti Adobe Photoshop, pertama kali dikembangkan untuk platform macintosh. Produk Apple MacBook air menjadi laptop favorit para DJ, sebab mudah dibawa kemana-mana, oleh para DJ yang memang mobile. Dua buah gadget buah tangan Apple, yaitu iPod dan Iphone, menjadi best seller di seluruh dunia. Bahkan pengguna sistim operasi lain pun dengan senang hati menggunakan iPod dan iPhone, disebabkan oleh fitur mereka yang memang outstanding dan mudah digunakan.
Kultus
Produk Apple selalu digemari, sebab memang terkenal handal, dan mudah digunakan. Di masa lalu, Apple selalu terkenal sebagai perusahaan yang selalu memproduksi komputer-komputer mahal. Namun sekarang tidak demikian. Harga sebuah komputer mac, sangat kompetitif jika dibandingkan dengan sebuah PC. Berbeda juga dengan masa lalu, sekarang komputer mac dapat menjalankan Windows dan Linux secara native.
Kultus misteri dalam Mac, bisa dirangkum dalam sebuah sinisme yang disebut sebagai ‘reality distortion field’ (RDF). RDF merupakan sindiran seorang praktisi TI terhadap Steve Jobs, sebab Jobs mampu mempengaruhi siapapun yang menghadiri presentasinya dengan sangat baik. Terlepas dari sinisme tersebut, alhasil gaya presentasi Jobs, yang sederhana, powerful, namun tetap artistik akhirnya banyak ditiru oleh presenter lain, dengan rekontekstualisasi masing-masing.
Di kalangan tertentu, memang mudah melihat kehadiran Apple. Di masa lalu, jika kita jalan-jalan ke mall dan nongkrong di cafe manapun di Indonesia, akan sangat jarang melihat pemakai laptop mac. Mayoritas laptop PC. Namun jaman sekarang, pemakai mac sudah semakin banyak, dan mereka tidak ragu untuk menunjukkan identitasnya, dengan mebawanya ke Cafe, misalnya. Hadirnya gadget yang harganya terjangkau namun handal, seperti iPhone dan iPod, membuat produk Apple semakin digemari.
Kredo Kesaksian dan Keselamatan: Moralitas dalam Organisasi
Kedua organisasi tersebut memiliki persamaan dalam mengembangkan dirinya, yaitu adanya semangat religius. Pertama, mengenai kredo kesaksian, kedua organisasi memiliki persamaan, yaitu para user memberikan kesaksian bahwa mereka berpindah dari sistim operasi yang lama, ke sistim operasi baru. Cenderung kesaksian yang mereka berikan bernada sama, yaitu sistim operasi yang lama itu kurang bagus, sementara yang baru jauh lebih bagus, tentu dengan alasannya masing-masing. Fenomena ini sangat mirip dengan konversi agama, dimana ada beberapa kasus agama lama dikritisi habis, sementara agama baru dipuji-puji. Kedua, dalam masing-masing organisasi diberikan panduan yang jelas, bahwa untuk menyelesaikan masalah, ada tata cara yang sebaiknya diikuti. Dalam kasus Linux, hal ini memang tidak terlalu jelas, sebab organisasi yang tersentralisasi tidak ada dalam Linux. Namun, dalam kedua organisasi tersebut sangat ditekankan, bahwa cara mereka adalah yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Jadi ada pandangan manichean, dimana mereka adalah yang terbaik, diluar mereka adalah tidak demikian. Mirip dengan konsep keselamatan dalam agama, dimana jika kita percaya terhadap dogma agama tersebut, maka kita masuk surga. Jika tidak, maka akan masuk neraka. Moralitas dalam hal ini sudah terdefinisikan dengan sangat jelas, dimana solusi yang terbaik adalah solusi mereka.
Terlepas dari kredo kesaksian dan keselamatan yang mereka gunakan itu baik secara moral atau tidak, namun hal ini sangat efektif dalam memompa semangat fanatisme dan ‘nasionalisme’ terhadap organisasi tersebut. Kedua organisasi tersebut sudah menunjukkan contoh yang sangat baik, dimana setiap anggota organisasi sangat loyal terhadapnya. Semangat religius yang dipompakan tersebut, mampu memperluas daerah pengaruh organisasi.
Sumber referensi:
http://www.macworld.com
http://www.infolinux.co.id
http://www.linuxfoundation.org
http://www.apple.com
Koentjaraningrat, ‘Antropologi’
Max Weber, ‘Protestant Ethics and the spirit of Capitalism’
Muhamad Iqbal, ‘Reconstruction of Religious thought in Islam’
foto: hongkiat.com
Klik disini untuk melanjutkan »»

Tips dan Trik Pencarian Efektif dengan Google

. Senin, 09 Februari 2009
1 komentar
Mas Romi, saya mencoba melakukan pencarian dengan Google, sayangnya hasil pencarian terlalu banyak sehingga saya malah bingung memilih hasil pencarian yang paling tepat. Mohon pencerahan, pencarian yang efektif di Google itu seperti apa? (Ahmad, Padang)
Meskipun Google menyediakan banyak fitur pencarian, saya yakin tidak banyak dari kita yang menggunakannya pada saat melakukan pencarian informasi. Akhirnya kita kena badai tsunami informasi dari Google yang akhirnya membuat kita bingung sendiri. Kita bahas yuk, teknik pencarian yang efektif itu sebaiknya seperti apa sih.
Secara umum, jenis pencarian di Google ada dua: Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com.
Sedangkan Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, region, dsb.
Sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan Advanced Search. Dengan kata lain kita harus memasukannya query di form pencarian di Basic Search langsung. Nah permainan query dan operator pencarian ini yang sebenarnya akan kita bahas di artikel ini.
FITUR PENCARIAN DASAR
  1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
    ukiran jepara
    ukiran AND jepara
    ukiran+jepara
  2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
    tahu OR tempe
    tahu | tempe
  3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
    “perangkat lunak”
  4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.
    ikan -bandeng
  5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
    ~car
  6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb
    ayam * pedas
  7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
    ko.i
  8. CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama
  9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)
  10. I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita
FITUR PENCARIAN LANJUT
  1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
    define:e-learning
  2. CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.
    cache:ilmukomputer.com php
  3. LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com
    link:ilmukomputer.com
  4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
    related:romisatriawahono.net
  5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
    info:romisatriawahono.net
  6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
    java site:ilmukomputer.com
  7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering
    software engineering filetype:pdf
  8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
    allintitle:java programming
  9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
    intitle:java enterprise
  10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
    allinurl:java programming
  11. INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
    inurl:java enterprise
Pencarian yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.pdii.lipi.go.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi:
filetype:pdf site:www.pdii.lipi.go.id
Dewasa ini permainan query pencarian Google banyak digunakan para hacker dan cracker untuk mencari berbagai informasi, file, dan konfigurasi yang memiliki lubang keamanan. Aktifitas ini terkenal dengan sebutan Google Hacking. Kapan-kapan kita bahas tentang yang satu ini, setelah kita mahir bermain-main dengan berbagai operator pencarian Google.
Klik disini untuk melanjutkan »»

Info Pendidikan di Portal Sekolah

. Jumat, 06 Februari 2009
0 komentar
Jakarta - Berburu info pendidikan tak melulu harus dari brosur dan lefleat. Kalau mau yang lebih praktis, kita bisa klak-klik di situs ini.

Situs ini mencoba menyajikan berbagai informasi yang kental unsur ilmu pengetahuan, dan pendidikan. Banyak artikel dan link-link info yang disajikan disini.

Niatnya, situs ini bisa menghilangkan hambatan jarak di bidang pendidikan. Karenanya, situs ini menyajikan berbagai informasi pendidikan mulai dari materi pelajaran sampai berita terbaru seputar pendidikan di Indonesia.

Situs yang menyebut dirinya sebagai portal pendidikan ini juga memuat data sekolah dan murid yang telah menjadi anggota Proyek Sistem Informasi Akademis.

Bagi orang tua yang bingung memilih sekolah bagi anak-anaknya, situs ini menyediakan link ke berbagai situs sekolah-sekolah di Indonesia.

Situs dengan dominan warna biru ini dirancang dengan tata letak yang cukup gamblang dan bersih.

Kemudahan lainnya yang diberikan dalam situs ini, yaitu para orangtua, murid dan juga guru dapat melihat data akademik murid, seperti nilai, absensi, perilaku, beserta data pelajaran serta informasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan oleh pihak sekolah.

Hanya saja, informasi tersebut hanya bisa diakses oleh sekolah-sekolah yang tergabung dalam anggota Proyek Sistem Informasi Akademik, dengan menggunakan kode login dan password yang telah diberikan. (nks)
Klik disini untuk melanjutkan »»

Tidak ada komentar:

Posting Komentar